Aplikasi Isian Ijazah MI tahun 2017

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Sekalipun Ujian Madrasah Ibtidaiyah sudah berlangsung sejak hari Sabtu, 6 Mei 2017 yang lalu dan insya Allah akan berakhir pada hari Rabu, 17 Mei 2017, tapi sebenarnya guruKATRO masih cukup enggan untuk membuat aplikasi yang gunanya hanya untuk menolong sang penulis blangko Ijazah MI ini. Terus terang saja bila itu bukanlah karena malas, tapi hanyalah karena hingga saat ini guruKATRO belum melihat seperti apa tampilan blangko ijazah MI yang akan di keluarkan untuk peserta lulus ujian MI tahun 2017 ini.

Namun ternyata ada beberapa rekan, baik melalui komentar blog, facebook, email maupun sms meminta agar dibuatkan lagi aplikasi semacam ini dibuat kembali untuk tahun 2017.

Memang, segala sesuatu mesti berkembang, yang lama dulu kelihatan sudah bagus, di kemudian hari ternyata mulai kelihatan/terdeteksi kekurangan kekurangannya, seperti pada Aplikasi penolong penulis blangko ijazah MI tahun 2016 misalnya, ternyata ada kekurangan tidak bisa edit halaman belakang atau halaman nilai, dan itu diketahui oleh pengguna setelah beliau mencoba mengedit tahun pelajaran, dari yang asalnya tahuin pelajaran 2015/2016 menjadi 2016/2017. Kami yang membuat juga baru tersadar setelah ada yang mengatakan seperti itu. Karena itu rasa terima kasih juga kami haturkan pada para pengguna yang telah memberi masukan.

Ada juga yang mengusulkan bila kolom tempat lahir dipisah dengan kolom tanggal lahir, katanya data awal (mungkin EMIS) memiliki sistem kolom seperti itu, sehingga bisa lebih menghemat beban kerja, karena bisa 100% copas dari data emis.

Ockeylah untuk Aplikasi Isian Ijazah MI edisi tahun 2017 ini coba guruKATRO susun, dan sebenarnya masihlah sangat identik dengan yang dipublikasikan untuk tahun 2016 yang telah terdownload lebih dari 8 ribu kali .... ckckckck ... spektaaakuleeeer .... dan inilah mungkin yang menjadi salah satu pemicu semangat guruKATRO untuk mempublikasikan edisi tahun 2017.

Fungsi Aplikasi juga masih tetap sama, .... hanya untuk di print dan digunakan untuk membantu juru tulis ijazah, alasannya juga masih sama, memperkecil resiko kesalahan pada saat menulis dengan langsung pada halaman ijazah aslinya. Bukan untuk mencetak Ijazah !!!!!, ingat bukan untuk mencetak Ijazah

Bila ada yang ingin mencetak secara langsung, itu mungkin BISA TERJADI pada bagian SHUS/M , dan bisa dilihat DARI TAUTAN INI.

Sekedar untuk penyegaran alias refreshing, guruKATRO ubah tampilan halaman awalnya, menjadi seperti ini :


Halaman edit Penyelenggara ada perubahan pada tulisan Kepala Madrasah, bisa di edit, karena ada yang berkeyakinan di akhiri dengan tanda koma dan ada yang tidak, silakan edit sesuai agama dan kepercayaan masing masing. Juga pada baris persentase nilai raport dengan nilai ujian, dinonaktifkan karena sejak 2016 ijazah MI tidak menampilkan Nilai Madrasah yang merupakan hasil dari penghitungan tersebut.

Masih pada halaman edit data penyelenggara, baris edit pelajaran muatan lokal juga dinonaktifkan, ini kaitannya dengan perubahan ada perubahan juga pada halaman input nilai raport, yang akan di jelaskan dibawah nanti.




Halaman edit data peserta, juga ada yang berubah proses penginputannya, ini dibuat atas usulan seorang rekan guruKATRO melalui akun facebook, yaitu kolom tempat dan tanggal lahir dibuat dua kolom menjadi tempat lahir dan tanggal lahir pada kolom sendiri sendiri, seperti ini :



Disamping demi menghemat waktu (lagi ada kesibukan lain >>>GR), dan juga demi meringankan kinerja aplikasu, sementara ini masih .... jangan lupa menulis tanda koma di akhir nama tempat lahir ....

bagi yang menghendaki tempat dan tanggal lahir kembali menjadi satu kolom, silakan gunakan yang versi 2016, dan unprotect halaman yang perlu di edit, jangan cemasssss, password unprotect sudah di publikasikan disana, bagi yang belum mendapatkan passwordnya silakan cari sendiri pada komentar posting tersebut. Atau silakan pesan melalui kolom komentar dibawah, bila ingin yang seperti itu namun dalam versi 2017. Bila ada yang memesan. insya Allah Posting ini aka di update untuk menambah link downloadnya.


Halaman isi data nilai raport masih sama seperti yang dulu, disitu masih ada 6 kolom, semester 7 hingga semester 12, dan bila yang anda perlukan hanya 5 kolom, semester 7 hingga 11 saja, maka kosongkan kolom ke 6 atau kolom semester 12 nya, agar benar benar kosong dan tidak mempengaruhi rata rata nilai raport, block kolom tersebut, satu siswa demi satu siswa, kemudian tekan tombol Del pada keyboard komputer atau laptop.

Dan yang paling penting dan kaitannya dengan yang dijelaskan pada halaman edit data penyelenggara adalah disediakannya kesempatan untuk mengedit nama nama mata pelajaran, semua nama mata pelajaran bisa di edit pada halaman isian nilai raport ini, perlu diketahui juga bahwa yang di edit juga hanya pada daftar nilai raport peserta ujian nomor 1 saja. maka semua data nama mata pelajaran pada daftar dibawahnya akan otomatis ikut berubah, juga nama mata pelajaran pada halaman nilai ujian serta nama nama mata pelajaran pada halaman printout. Ingat !!! ... cukup edit nama mata pelajaran pada daftar nilai raport peserta paling atas saja.



namun untuk dapat dengan mudah memastikan bahwa rata rata itu benar benar telah benar atau sebaliknya malah salah kaprah, ..... dibelakang kolom semester 12, samar samar guruKATRO tampilkan rata rata yang muncul secara otomatis setelah kolom semester diisi, perhatikan bahwa bila diisi 6 semester dan juga bila diisi hanya 5 semester, atau 4 semester, bahkan bila diisi hanya satu semester saja, .... rata rata tetap sama. Tapi itu hanya sample,coba cocokkan sendiri sendiri baris baris yang ada dibawahnya, dengan menggunakan kalkulator atau excel.


Halaman input nilai ujian dan halaman printout sepertinya masih sama persis dengan yang lalu.


============UPDATE===================

Sesuai janji guruKATRO, bahwa bila di suatu saat ada informasi terbaru, maka posting ini akan segera di update demi keselarasan dengan aturan aturan terkini yang diberlakukan.

Adapun Update pada kesempatan kali ini, antara lain sbb:


  • Informasi terkini yang berhasil guruKATRO sadap, rata rata nilai raport adalah nilai raport dari semester 7 hingga semester 12. Tapi bila ada yang masih beda pandangan, untuk masalah ini jangan khawatir, karena aplikasi ini dibuat fleksibel dengan berapapun semester yang dimasukkan, nilai rata rata akan tetap tidak salah, dengan syarat kolom yang kosong harus benar benar kosong.
  • Halaman muka Ijazah ada penambahan barisan, yaitu baris NPSN, baris Kabupaten/kota dan baris Propinsi, yang berada tepat dibawah nama madrasah 






atau pada juknis terpampang seperti ini :






silakan amati nomor 3 - 4 dan 5 dalam lingkaran diatas

Dan perubahan yang paling baru setelah mengikuti sosialisasi adalah perubahan yang cukup FATAL, yaitu FORMAT NOMOR IJAZAH

yang asalnya
MI. kode penyelenggara/prop.kab/pp/no. peserta/tahun

menjadi :
MI. no. peserta/prop.kab/pp/bulan/tahun

secara otomatis aplikasi harus dirombak dalam input data tersebut,






  • Karena itu Aplikasi isian Ijazah MI Tahun 2016 ini juga harus di Update, dan Alhamdulillaah barusan selesai di Update, silakan lihat halaman E-F (Edit - Front) atau Edit Halaman Muka Ijazah, ada tambahan data disana dan silakan amati bedanya :


Dan Sesuai Juknis, Ijazah MI tahun 2017 nilai menggunakan angka non DESIMAL, jadi ini guruKATRO sediakan juga link DOWNLOAD APLIKASI ISIAN IJAZAH MI 2017 DENGAN FORMAT NILAI NON-DESIMAL ALIAS BILANGAN BULAT.



FINALLLLL APLIKASI ISIAN IJAZAH DENGAN FORMAT NOMOR IJAZAH SESUAI HASIL SOSIALISASI, SILAKAN AMBIL DARI SINI.

nb: BAGI YANG SUDAH MENINGGALKAN EMAIL PADA KOLOM KOMENTAR, AKAN DIKIRIMI APLIKASI FINAL YANG TIDAK DI PROTEKSI.....


Dengan tampilan Nilai seperti ini :

Dengan Aplikasi ini, nilai sudah secara otomatis dibulatkan dengan rumus pembulatan yang benar, seperti ini misalnya :

82,0 menjadi 82
82,1 menjadi 82
82,2 menjadi 82
82,3 menjadi 82
82,4 menjadi 82
-------------------
82,5 menjadi 83
82,6 menjadi 83
82,7 menjadi 83
82,8 menjadi 83
82,9 menjadi 83
83,0 menjadi 83
83,1 menjadi 83
83,2 menjadi 83
83,3 menjadi 83
83,4 menjadi 83
-------------------
83,5 menjadi 84
83,6 menjadi 84
83,7 menjadi 84
83,8 menjadi 84
83,9 menjadi 84
84,0 menjadi 84
84,1 menjadi 84
84,2 menjadi 84
84,3 menjadi 84
84,4 menjadi 84
-------------------
84,5 menjadi 85
84,6 msnjadi 85
dst .....



bagi yang hendak cetak SHUS/M MI tahun 2017, mirip sekali dengan SHUN SMP/MTs tahun 2017, silakan AMBIL DARI SINI











bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang Aplikasi Isian Ijazah MI tahun 2017 yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih