TARI BAMBU GILA, TARIAN KEREN DARI MALUKU

Pulau Maluku, atau lebih spesifiknya adalah Masyarakat Maluku, merupakan salah satu dari sekian banyak daerah yang mempunyai  identikitas dengan suara indah dan tarian. Banyak sekali penyanyi, pemusik dan penari yang berasal dari Maluku. Maluku memang erat sekali dengan tradisi kreasi seni budaya, dan hal itu tentunya sangat menunjang khazanah budaya Bangsa Indonesia.

Salah satu jenis kreasi budaya yang sangat terkenal dari Masryarakat Maluku adalah Seni Tari. Dan pada kesempatan ini shareSENBUD mencoba share tentang sebuah Tarian dari Maluku yang bernama tari Buluh Gila, atau yang lebih terkenal dengan sebutan “TARI BAMBU GILA”


Pada awalnya TARI BAMBU GILA merupakan sebuah permainan tradisional yang biasanya dipertunjukkan para pemuda desa pada acara-acara tertentu. Pada saat itu, para penari akan bergerak dengan lincah mengikuti gerakan bambu gila yang telah dimanterai oleh pawang. Mereka akan membuat gerakan rangkaian dan saling mengaitkan tangan, dengan kelincahan gerakan kaki yang meliputi berjalan, melompat maupun berlari mengikuti suara musik yang dinamis. Dengan gerakan yang begitu dinamis maka para penari dituntut memiliki fisik yang cukup kuat.


Pada saat ini, “TARI BAMBU GILA” hampir punah, dan hanya tinggal gerakan-gerakannya yang diubah menjadi tari lincah dengan gerakan kaki serta buluh (bambu) yang didekap kedua tangan. Gerak itu menandakan kesatuan dan persatuan dalam masyarakat. Gerakan yang kompak dan seirama itu melambang  semangat gotong royong, membangkitkan jiwa persatuan dan kesatuan dalam melaksanakan berbagai sendi kehidupan masyarakat,  gambarang dari jiwa kegotongroyongan atau atau yang disana dikenal dengan sebutan“Masohi”, budaya masyarakat Maluku sejak jaman dahulu kala.


Gambar Tarian “TARI BAMBU GILA”

http://senbudi.blogspot.com/2015/11/tari-bambu-gila-tarian-keren-dari-maluku.html

Sumber : http://www.bkpmd-maluku.com

Komentar