PECAHAN PERBANDINGAN - MATEMATIKA MI/SD

Menambah satu lagi materi matematika MI/SD, kali ini guruKATRO mengangkat pokok bahasan Pecahan perbandingan. Pecahan perbandingan yang dibahas disini adalah sangat sederhana dan sangat katro, sebab yang dibahas disini hanyalah pengerjaan pecahan perbandingan untuk tingkatan materi matematika SD/MI.




Pecahan perbandingan yang terdapat pada kelas VI MI/SD, cakupan bahasannya adalah menentukan :

  • Jumlah keseluruhan komponen
  • Jumlah masing masing  komponen
  • Selisih antara satu komponen dengan komponen yang lainnya.
Pembahasan materi Pecahan perbandingan pada kelas VI MI/SD, naskah soal lebih sering diwujudkan dalam bentuk soal serita, kadang juga dalam bentuk tabel, atau jenis soal yang lainnya, namun disini guruKATRO akan mengutamakan pembahasan soal dalam bentuk soal cerita.

Yang perlu diperhatikan dalam mengerjakan soal Pecahan perbandingan adalah :
  1. Pembilang adalah angka yang merupakan besaran nilai perbandingan dari komponen yang akan kita tetntukan jumlahnya
  2. Penyebut adalah jumlah dari seluruh angka yang merupakan besaran nilai perbandingan bila yang telah diketahui adalah jumlah keseluruhannya, dan selisih dari angka angka yang merupakan besaran nilai perbandingan bila yang telah diketahui adalah selisihnya.
  3. Untuk memperoleh Jumlah masing masing Komponen : Pecahan yang terbentuk dari nomor satu dan nomor dua diatas dikalikan dengan nilai Jumlah keseluruhan atau selisih yang sudah diketahui pada soal.




Perbandingan uang Abdul dengan uang Hamid adalah 3 : 5, jika jumlah uang keduanya adalah 400.000 rupiah, berapa rupiah uang Abdul, dan berapa rupiah uang Hamid? dan berapa rupiah selisih uang keduanya?

Diketahui,
Nilai perbandingan Abdul = 3
Nilai perbandingan Hamid = 5
Jumlah uang keduanya = Rp. 400.000,-
# yang diketahui adalah jumlahnya, maka penyebut :  3+5 = 8

Ditanyakan,
  1. Berapa rupiah uang Abdul
  2. Berapa rupiah uang Hamid
  3. Berapa rupiah Selisih uang keduanya.

Jawab,

 = 3/8 x 400.000
 = (3 x 400.000) / 8
 = 1.200.000 / 8
 = 150.000

#Jumlah uang Abdul = Rp. 150.000,-



 = 5/8 x 400.000
 = (5 x 400.000) / 8
 = 2.000.000 / 8
 = 250.000

#Jumlah uang Hamid = Rp. 250.000,-

*cek dulu
*pada soal diketahui jumlah = 400.000
* 150.000 + 250.000 = 400.000, (sudah benar!)


Selisih.
 = nilai terbesar dikurangi nilai terkecil
 = 250.000 - 150.000 = 100.000

#selisih uang Abdul dengan uang Hamid adalah RP. 100.000,-


===========================================


Perbandingan umur guru dengan umur KATRO adalah 8 : 3, bila selisih umur keduanya adalah 15 tahun, berapa jumlah umur keduanya?

# kelihatannya hanya diminta menjawab jumlah umurnya saja, padahal pada proses pengerjaannya tetap saja harus terlebih dahulu menentukan usia keduanya!, karena tanpa mengetahui usia keduanya tidak mungkin kita akan menemukan jumlah usia keduanya.

Diketahui,
Nilai perbandingan guru = 8
Nilai perbandingan KATRO = 3
# yang diketahui pada soal adalah selisihnya, maka penyebut : 8 - 3 = 5

Ditanyakan,
Berapa Jumlah umur keduanya?

Jawab,

Jumlah Umur keduanya = umur guru + umur KATRO


 = 8/5 x 15
 = (8 x 15) / 5
 = 120 / 5
 = 24 

# Umur guru = 24 tahun


 = 3/5 X 15
 = (3 X 15) / 5
 = 45 / 5
 = 9 tahun

#Umur KATRO = 9 tahun

*cek dulu
* pada soal diketahui selisih = 15 tahun
*24 tahun - 9 tahun = 15 tahun (sudah benar)


 = Jumlah umur keduanya = 24 tahun + 9 tahun
 = Jumlah umur keduanya = 33 tahun

# Jumlah umur guru dan umur KATRO = 33 tahun.

Komentar

  1. terima kasih
    mohon utk lebih di jabarkan lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembali kasih +bbpke ageng ....
      untuk lebih mempermudah kami, +bpke ageng bisa memberikan kami satu contoh soal, dan semoga kami bisa menyelesaikannya...

      Hapus

Posting Komentar