MEMBUAT JUMLAH DAN RATA RATA NILAI DENGAN EXCEL

Pagi ini guruKATRO mencoba berbagi pengetahuan yang sebenarnya sudah banyak sekali yang menguasainya, bahkan jauh lebih mumpuni dari guruKATRO, namun dengan pertimbangan barangkali masih ada pengunjung guruKATRO yang ingin mengetahui, maka guruKATRO putuskan untuk tetap memposting materi tentang "Membuat Jumlah dan Rata rata Nilai dengan Excel".

Langsung saja ke inti materi ini, harap maklum ....sebentar lagi guruKATRO harus kembali masuk kelas.

Buatlah daftar nilai, misalnya seperti ini



Misalnya Daftar Nilai masing masing siswa, dimulai dari kolom C hingga kolom G
Siswa nomor urut satu (Ahmad) berada pada baris ke 3

1. Buat Rumus Jumlah Nilai untuk Ahmad (shell H3), dengan Rumus =SUM(C3:G3)
    kemudian klik Enter pada Keyboard

=SUM(C3:G3)  mempunyai makna : Jumlah dari C3 sampai G3

2. Buat Rumus Rata rata Nilai untuk Ahmad (shell I3), dengan Rumus =AVERAGE(C3:G3)
    kemudian klik Enter pada Keyboard

=AVERAGE(C3:G3)  mempunyai makna : Rata rata dari C3 sampai G3

Jika rumus itu ditulis dengan benar, maka hasilnya akan terlihat seperti ini :



JUMLAH NILAI : 30
NILAI RATA RATA : 6

Sampai disini, Jumlah dan rata rata Nilai Siswa bernama Ahmad sudah jadi, lalu untuk Jumlah dan rata rata nilai siswa siswa pada nomor urut dibawahnya, silakan ikuti langkah berikutnya :

3. Blok Jumlah dan rata rata Nilai Ahmad (shell H3 dan I3), kemudian arahkah kursor mouse, ke pojok kanan bawah shell yang di block itu (pojok kanan bawah shell I3), hingga kursor membentuk tanda plus berwarna hitam tebal ( )



4. Selagi kursor berbentuk tanda plus berwarna hitam tebal ( ), klik kiri mouse, dan terus tahan klik kiri itu, sambil menarik mouse kebawah sampai pada baris siswa nomor urut terakhir, baru lepas kliknya.




5. Setelah kursor berbentuk tanda plus berwarna hitam tebal ( ) itu sudah berada di sebelah kanan bawah kolom I lurus dengan baris siswa nomor urut terakhir, baru lepaskan klik kiri itu. akan muncul hasil seperti ini,



Selesai sudah MEMBUAT JUMLAH DAN RATA RATA NILAI DENGAN EXCEL untuk seluruh siswa, tinggal klik simpan dan lanjutkan pada nilai mata pelajaran lain.

6. Bila daftar nilai pada Mata pelajaran lain jumlah kolomnya sama, ( 5 kolom semua), maka untuk MEMBUAT JUMLAH DAN RATA RATA NILAI DENGAN EXCEL, cukup hanya dengan blok shell jumlah nilai dan rata rata itu, mulai dari siswa dengan nomor urut paling atas, hingga siswa dengan nomor terakhir, copy, lalu paste pada jumlah nilai dan rata rata pada Mata Pelajaran lainnya.

Komentar