APLIKASI ISIAN IJAZAH MI TAHUN 2016

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Akhirnya guruKATRO mulai memberanikan diri untuk posting Aplikasi Ijazah Madrasah Ibtidaiyah (MI) tahun 2016 ini, walaupun terus terang saja masih diiringi agak agak getar getir di perasaan, hal ini disebabkah bahwa sebenarnya guruKATRO belum pernah mengikuti sosialisasi tentang penulisan Ijazah MI tahun 2016 tersebut.

Aplikasi Isian Ijazah MI tahun 2017 bisa DIBUKA DARI SINI
APLIKASI CETAK SKHUS UNTUK MI (ASLI - 2016) SILAKAN MASUK KESINI

Kegunaan Aplikasi ini masih seperti yang dulu, hanya dijadikan bahan untuk "NYONTEX'S", disaat kita menjalankan tugas mengisi ijazah MI. Walaupun hanya diperoleh dari beberapa sumber di dunia maya (mohon maaf hingga posting ini diluncurkan, guruKATRO belum bisa menemukan yang didapat langsung dari Dirjen Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia), guruKATRO sudah berupaya untuk mengumpulkan informasi tentang :

  1. Seperti apa kira kira wajah dan tampilan Ijazah MI yang akan kita isi di tahun 2016 ini,
  2. Apa saja yang tercantum di dalam JUKNIS Penulisan ijazah MI tahun 2016.


Setelah ditemukan, ternyata dan konon, sudah ada revisi yang terjadi pada bulan April tahun 2016, inilah yang kadang membuat ragu perasaan guruKATRO untuk segera memposting Aplikasi ini. Jangan jangan di suatu saat nanti akan ada revisi lagi????!!!!

Bagi yang masih belum menyimpan dan masih ingin mempunyai Juknis Penulisan Ijazah edisi revisi, silakan cari sendiri yooo, di internet, mohon maaf guruKATRO lgi males upload yang gituan.

Sebagai gambaran tentang bagaimana bisa guruKATRO memberanikan diri untuk membuat Aplikasi penulisan Ijazah MI, ini guruKATRO perlihatkan hasil scan ,

1. Tampilan Halaman Depan Ijazah MI sbb :





2. Tampilan Halaman Nilai Ijazah MI sbb :




Bila mengamati Halaman Daftar Nilai Ijazah diatas, itu jelas menunjukkan bahwa penentuan Prosentase antar Nilai rata rata Raport dengan Nilai Ujian Madrasah. Kalaupun itu akan tetap diberlakukan, maka proses itu tidak berada dalam format ini, melainkan ada dalam format Analysis Nilai Ujian.

Niat baik guruKATRO adalah apabila pada saatnya nanti ternyata ada revisi lagi, atau bila sesudah guruKATRO mengikuti Sosialisai Penulisan Ijazah MI tahun 2016, ternyata ada perbedaan dari yang sudah di paparkan diatas, maka guruKATRO akan update posting ini demi menyesuaikan dengan kenyataan yang ada.

Untuk Aplikasi Penulisan Ijazah MI tahun 2016 ini, guruKATRO buat halamannya kebanyakan dibuat putih bersih alias tanpa warna warni, harap dimaklumi karena ULP (Uang Makan Harian) untuk PNS yang dipekerjakan pada instansi swasta sudah dihapus oleh yang terhormat Bapak Menteri Keuangan Republik Indonesia, jadi guruKATRO kena imbasnya dan tidak mampu untuk membeli cat pewarna, hehehehehehehe.... maksudnya hal itu untuk mengecilkan ukuran file excel, agar lebih ringan dan lebih mudah di unduh, serta lebih cepat loading disaat digunakan.

Proses pengisian juga masih sama persis dengan Aplikasi Isian Ijazah MI tahun 2015, yaitu :


  1. Halaman Awal gak perlu di edit,
  2. Halaman Edit Data Penyelenggara, silakan sesuaikan. Persentase gak perlu diisi, gak ngaruh,
  3. Halaman Edit data Peserta Ujian, silakan sesuaikan,
  4. Halaman Isian Nilai Raport, Bila kolom semester XII tidak diisi tidak mempengaruhi Nilai rata rata Raport,
  5. Halaman Isian Nilai Ujian Madrasah, silakan diisi nilai hasil dari rata rata Ujian Praktek dan Ujian Tertulis, maaf disini tidak disediakan format membuat rata rata, karena membuat rata rata hanya dari dua unsur (Ujian Praktek dan Ujian Tertulis) itu terlanjur dianggap terlalu mudah. heheheheh.....
  6. Printout Halaman Muka Ada perbaikan, dulu di tahun 2015 guruKATRO lupa tidak masukin baris NIS Lokal, sekarang sudah ada.
  7. Printout Halaman Daftar Nilai hanya ada dua kolom nilai,  Rata rata Nilai Raport dan Nilai Ujian Madrasah, Tidak ada lagi kolom Nilai Madrasah, makanya persentase antar nilai raport dan nilai Ujian gak ngaruh disini. Ini sesuai dengan yang terkandung dalam Juknis pengisian Ijazah 2016 dan contoh Ijazah MI yang terdapat dalam lampiran Juknis tersebut.
  8. Bila mau donlot Aplikasi tersebut, silakan KLIK TULISAN INI
  9. Bila masih ada kesalahan atau kekurangan pada aplikasi tersebut, silakan sampaikan melalui kolom komentar
  10. Terima kasih
  11. Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
================================

UPDATE :

Setelah guruKATRO mengikuti sosialisasi Penulisan Ijazah MI (Madarah Ibtidaiyah) tahun 2016 yang diselenggarakan pada :

Hari, tanggal  :  Kamis, 16 Juni 2016
Tempat : Aula Kantor Kementerian Agama kabupaten Brebes

Dengan ini telah disempurnakan "APLIKASI ISIAN IJAZAH MI TAHUN 2016" yang sudah disesuaikan denga hasil Sosialisasi dan bisa DIUNDUH DARI SINI












bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang APLIKASI ISIAN IJAZAH MI TAHUN 2016 yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih