beasiswa Biaya Hidup bagi Alumni Madrasah Aliyah

Assalaamu alaikum sahabat guruKATRO,

Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Madrasah memberikan beasiswa Biaya Hidup bagi Alumni Madrasah Aliyah yang ingin melanjutkan studi S1 di luar negeri. Pendaftaran ini akan dilaksanakan secara online mulai tanggal 01 s/d. 15 Mei 2016 di portal resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
“Melalui http://pendis.kemenag.go.id, diharapkan pendaftaran bisa diakses seluruh lapisan masyarakat dalam rangka transparansi seleksi serta keterbukaan informasi publik,” kata Direktur Pendidikan Madrasah, Nur Kholis Setiawan.

Untuk proses seleksi, lanjut guru besar UIN Sunan Kalijaga ini, dilakukan dalam dua (2) tahap yaitu tahap seleksi dokumen dan seleksi wawancara.

“Setelah melakukan pendaftaran online, maka semua dokumen/berkas harus dikirim paling lambat 20 Mei 2016 ke Subdit Kelembagaan Direktorat Pendidikan Pendidikan Madrasah, Kementerian Agama RI, Jl. Lapangan Banteng Barat 3-4 Lt. 6 Jakarta Pusat 10710 untuk dilakukan verifikasi. Sedangkan pada tahap wawancara dilaksanaka setelah verifikasi. Jadi tidak ada ujian tulis, peserta yang akan diwawancara murni berdasarkan kelengkapan dokumen yang dikirimkan,” tegas alumni Pesantren Tebuireng ini.

Adapun berkas/dokumen yang harus dipenuhi sebagai persyaratan khusus adalah legalisir Ijazah atau Rapor kelas X-XII, Surat keterangan lulus (bagi lulusan tahun 2016) atau Surat pengantar (bagi lulusan tahun 2015), Letter of Acceptence (LoA) Unconditioal/Conditional dari kampus LN Tahun Akademik 2016/2017, surat jaminan beasiswa tuition fee (bebas SPP) dari kampus LN, Surat Kelakuan Baik/Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan beberapa surat pernyataan yang dibuat secara pribadi (lihat persyaratan umum).

Mengenai perguruan tinggi yang akan dijadikan tempat studi, lanjut pria kelahiran Kebumen yang pernah sekolah di Leiden-Belanda dan Bonn University-Jerman ini, adalah kampus-kampus yang terakreditasi di luar negeri di Asia, Amerika, Eropa dan Timur Tengah.

“Yang patut di-warning bagi calon penerima beasiswa ini adalah bahwa ia hanya menerima living cost allowance (biaya hidup bulanan) di kampus selama 4 (empat) tahun,” papar Nur Kholis yang pernah menjadi mahasiswa tamu di Universitas Kairo-Mesir ini.

Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat pada link : Beasiswa Biaya Hidup Luar Negeri dan Daftar Perguruan Tinggi Luar Negeri.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman web :
http://madrasah.kemenag.go.id/bsln/
atau
http://pendis.kemenag.go.id/penmad/bsln/




bagikan Artikel ini melalui :

Demikian Posting tentang beasiswa Biaya Hidup bagi Alumni Madrasah Aliyah yang dapat guruKATRO sajikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya, kritik dan saran serta pertanyaan dapat disampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih