StrukturKurikulum Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
1) Kompetensi Inti
Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:
a) Kompetensi inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
b) Kompetensi inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
c) Kompetensi inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan, dan
d) Kompetensi inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Tabel 1: Kompetensi Inti Madrasah Aliyah Kejuruan
2) Mata Pelajaran
a) Struktur Kurikulum Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
Tabel 2: Mata pelajaran Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
b) Struktur Kurikulum Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
Pada MAK, mata pelajaran kelompok peminatan (c) terdiri atas:
Tabel 3. Mata Pelajaran Umum MAK (Tiga Tahun)
Keterangan:
Tabel 4: Mata Pelajaran Umum MAK (Empat Tahun)
Keterangan:
Tabel 5: Mata Pelajaran MAK Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
Tabel 6: Mata Pelajaran MAK Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Selanjutnya......
Tabel 7 hingga tabel 13...
silakan KLIK DISINI untuk membukanya.
1) Kompetensi Inti
Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti, integrasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda dapat dijaga.
Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:
a) Kompetensi inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
b) Kompetensi inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
c) Kompetensi inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan, dan
d) Kompetensi inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
Uraian tentang kompetensi inti untuk jenjang Madrasah Aliyah Kejuruan dapat dilihat pada tabel berikut:
Tabel 1: Kompetensi Inti Madrasah Aliyah Kejuruan
KOMPETENSI INTI
KELAS X
|
KOMPETENSI KELAS XI
|
KOMPETENSI INTI KELAS XII
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan , kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan , kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan , kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4. Mengolah, Menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
2) Mata Pelajaran
a) Struktur Kurikulum Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
Untuk mewadahi konsep kesamaan muatan antara MA dan MAK, maka dikembangkan struktur Kurikulum Pendidikan Menengah, terdiri atas kelompok mata pelajaran wajib dan mata pelajaran pilihan. Mata pelajaran wajib mencakup 9 (sembilan) mata pelajaran dengan beban belajar 24 jam per minggu. Isi kurikulum (KI dan KD) dan kemasan substansi untuk mata pelajaran wajib bagi MA dan MAK adalah sama. Struktur ini menerapkan prinsip bahwa peserta didik merupakan subjek dalam belajar yang memiliki hak untuk memilih mata pelajaran sesuai dengan minatnya.
Mata pelajaran pilihan terdiri atas pilihan akademik untuk MA serta pilihan akademik dan vokasional untuk MAK. Mata pelajaran pilihan ini memberi corak kepada fungsi satuan pendidikan dan di dalamnya terdapat pilihan sesuai dengan minat peserta didik. Beban belajar di MA untuk tahun X, XI dan XII masing-masing adalah 42, 44 dan 44 jam pelajaran per minggu. Satu jam belajar adalah 45 menit. Sedangkan beban belajar untuk MAK adalah 48 jam pelajaran per minggu. Beban belajar dapat dinyatakan dalam satuan semester (SKS) yang diatur lebih lanjut dalam satuan tersendiri.
Tabel 2: Mata pelajaran Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
BELAJAR PER-MINGGU
| ||||
X
|
XI
|
XII
| |||
Kelompok A (Wajib)
| |||||
1.
|
Pendidikan Agama Islam
| ||||
a.
|
Al-Qur’an Hadis
|
2
|
2
|
2
| |
b.
|
Akidah Akhlak
|
2
|
2
|
2
| |
c.
|
Fiqih
|
2
|
2
|
2
| |
d.
|
Sejarah Kebudayaan Islam
|
2
|
2
|
2
| |
2.
|
Pedidikan Pancasila dan Kewarga negaraan
|
2
|
2
|
2
| |
3.
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
| |
4.
|
Bahasa Arab
|
4
|
2
|
2
| |
5.
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
| |
6.
|
Sejarah Indonesia
|
2
|
2
|
2
| |
7.
|
Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
| |
Kelompok B (Wajib)
| |||||
1.
|
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
| |
2.
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
3
|
3
|
3
| |
3.
|
Prakarya dan Kewirausahaan
|
2
|
2
|
2
| |
Jumalah Jam Kelompok A dan B Per Minggu
|
33
|
31
|
31
| ||
Kelompok C (Peminatan)
| |||||
Mata Pelajaran Perminatan Akademik dan Vokasi
|
24
|
24
|
24
| ||
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu
|
57
|
55
|
55
|
Mata pelajaran kelompok A dan C adalah kelompok mata pelajaran yang substansinya dikembangkan oleh pusat. Mata pelajaran kelompok B adalah kelompok mata pelajaran yang substansinya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah
Kegiatan ekstrakulikuler : Pramuka (wajib), OSIS, UKS, PMR, dan lain-lain, diatur lebih lanjut dalam bentuk pedoman program ekstrakulikuler.
b) Struktur Kurikulum Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
Kurikulum Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) dirancang dengan pandangan bahwa MAK pada dasarnya sebagai pendidikan menengah, pembedanya hanya pada pengakomodasian minat peserta didik saat memasuki pendidikan menengah.
Peraturan pemerintah No 17 tahun 2010 tentang penyelengaraan dan pengelolaan pendidikan Pasal 80 menyatakan bahwa : (1) penjurusan pada SMK/MAK atau bentuk lain yang sederajat berbentuk bidang keahlian; (2). setiap bidang keahlian sebagimana dimaksud pada ayat (1) dapat terdiri atas 1 (satu) atau lebih program studi keahlian; (3). setiap program studi keahlian sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat terdiri atas 1 (satu) atau lebih kompetensi keahlian. Bidang keahlian pada SMK/MAK meliputi:
- Teknologi dan Rekayasa;
- Teknologi Informasi dan Komunikasi;
- Kesehatan;
- Agribisnis dan Agroteknologi;
- Perikanan dan Kelautan;
- Bisnis dan Manajemen;
- Pariwisata;
- Seni rupa dan Kriya;
- Seni Pertunjukan.
Dalam penetapan penjurusan sesuai dengan bidang/program/ paket keahlian mempertimbangkan spektrum pendidikan menengah kejuruan yang ditetapkan oleh direktur jenderal pendidikan menengah kementerian pendidikan dan kebudayaan.
Pemilihan perminatan bidang keahlian dan program keahlian dilakukan saat peserta didik mendaftar pada MAK. Pilihan pendalaman peminatan keahlian dalam bentuk pilihan paket keahlian dilakukan pada semester 3, berdasarkan nilai rapor dan/atau rekomendasi guru BK di MAK dan /atau hasil tes penempatan (placement test) oleh psikolog.
- Kelompok Mata pelajaran Dasar Bidang keahlian (C1);
- Kelompok Mata pelajaran Dasar Program Keahlian (C2);
- Kelompok mata pelajaran Paket keahlian (C3).
Tabel 3. Mata Pelajaran Umum MAK (Tiga Tahun)
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
BELAJAR PER-MINGGU
| ||||
X
|
XI
|
XII
| |||
Kelompok A (Wajib)
| |||||
1.
|
Pendidikan Agama Islam
| ||||
a.
|
Al-Qur’an Hadis
|
2
|
2
|
2
| |
b.
|
Akidah Akhlak
|
2
|
2
|
2
| |
c.
|
Fiqih
|
2
|
2
|
2
| |
d.
|
Sejarah Kebudayaan Islam
|
2
|
2
|
2
| |
2.
|
Pedidikan Pancasila dan Kewarga negaraan
|
2
|
2
|
2
| |
3.
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
| |
4.
|
Bahasa Arab
|
4
|
2
|
2
| |
5.
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
| |
6.
|
Sejarah Indonesia
|
2
|
2
|
2
| |
7.
|
Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
| |
Kelompok B (Wajib)
| |||||
1.
|
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
| |
2.
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
3
|
3
|
3
| |
3.
|
Prakarya dan Kewirausahaan
|
2
|
2
|
2
| |
Jumalah Jam Kelompok A dan B Per Minggu
|
33
|
31
|
31
| ||
Kelompok C (Peminatan)
| |||||
Mata Pelajaran Peminatan Akademik dan Vokasi (MAK)
|
24
|
24
|
24
| ||
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu
|
57
|
55
|
55
|
Keterangan:
Pelaksanaan pembelajaran dapat dilakukan disatuan pendidikan dan/atau industri (terintegrasi dengan praktik kerja lapangan) dengan portofolio sebagai instrumen utama penilaian.
Tabel 4: Mata Pelajaran Umum MAK (Empat Tahun)
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
BELAJAR PER-MINGGU
| |||||
X
|
XI
|
XII
|
XIII
| |||
Kelompok A (Wajib)
| ||||||
1.
|
Pendidikan Agama Islam
| |||||
a.
|
Al-Qur’an Hadis
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
b.
|
Akidah Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
c.
|
Fiqih
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
d.
|
Sejarah Kebudayaan Islam
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
2.
|
Pedidikan Pancasila dan Kewarga negaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
3.
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
| |
4.
|
Bahasa Arab
|
4
|
2
|
2
|
2
| |
5.
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
| |
6.
|
Sejarah Indonesia
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
7.
|
Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
Kelompok B (Wajib)
| ||||||
1.
|
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
2.
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
3
|
3
|
3
|
3
| |
3.
|
Prakarya dan Kewirausahaan
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
Jumalah Jam Kelompok A dan B Per Minggu
|
33
|
31
|
31
|
31
| ||
Kelompok C (Peminatan)
| ||||||
Mata Pelajaran Peminatan Akademik dan Vokasi (MAK)
|
24
|
24
|
24
|
24
| ||
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu
|
57
|
55
|
55
|
55
|
Keterangan:
Pelaksanaan pembelajaran dapat dilakukan di satuan pendidikan dan/atau industri (Terintegrasi dengan Praktik Kerja Lapangan) dengan portofolio sebagai instrumen utama penilaian.
Tabel 5: Mata Pelajaran MAK Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
Mata Pelajaran
|
Kelas dan Semester
| |||||||
X
|
XI
|
XII
| ||||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
| |||
Kelompok A (Wajib)
| ||||||||
1.
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
| |||||||
a.
|
Al-Quran Hadits
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
b.
|
Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
c.
|
Fikih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
d.
|
Sejarah Kebiudayaan Islam
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
2.
|
Pedidikan Pancasila dan Kewarga negaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
3.
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
| |
4.
|
Bahasa Arab
|
4
|
4
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
5.
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
| |
6.
|
Sejarah Indonesia
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
7.
|
Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
Kelompok B (wajib)
| ||||||||
8.
|
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
9.
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
10.
|
Prakarya dan Kewirausahaan
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
| |
Kelompok C (Peminatan)
| ||||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian
| ||||||||
11.
|
Fisika
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
| |
12.
|
Kimia
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
| |
13.
|
Gambar Teknik
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
| |
C2. Dasar Program Keahlian
|
18
|
18
|
-
|
-
|
-
|
-
| ||
C3. Paket Keahlian
|
18
|
18
|
24
|
24
| ||||
Total
|
57
|
57
|
55
|
55
|
55
|
55
|
Tabel 6: Mata Pelajaran MAK Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Mata Pelajaran
|
Kelas dan Semester
| |||||||
X
|
XI
|
XII
| ||||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
| |||
Kelompok A (Wajib)
| ||||||||
1.
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
| |||||||
a.
|
Al-Quran Hadits
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
b.
|
Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
c.
|
Fikih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
d.
|
Sejarah Kebiudayaan Islam
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
2.
|
Pedidikan Pancasila dan Kewarga negaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
3.
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
| |
4.
|
Bahasa Arab
|
4
|
4
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
5.
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
| |
6.
|
Sejarah Indonesia
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
7.
|
Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
Kelompok B (wajib)
| ||||||||
8.
|
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
9.
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
| |
10.
|
Prakarya dan Kewirausahaan
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
| |
Kelompok C (Peminatan)
| ||||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian
| ||||||||
11.
|
Fisika
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
| |
12.
|
Pemograman Dasar
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
| |
13.
|
Sistem Komputer
|
2
|
2
|
2
|
2
|
-
|
-
| |
C2. Dasar Program Keahlian
|
18
|
18
|
-
|
-
|
-
|
-
| ||
C3. Paket Keahlian
|
-
|
-
|
18
|
18
|
24
|
24
| ||
Total
|
57
|
57
|
55
|
55
|
55
|
55
|
Selanjutnya......
Tabel 7 hingga tabel 13...
silakan KLIK DISINI untuk membukanya.
menarik sekali baca nya
BalasHapusjadi betah
terus update info info nyang lain nya
terimakasih